Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Berdiri Negara Amerika Serikat

Amerika
Sejarah berdirinya negara Amerika Serikat (USA/United States of America) menarik untuk diketahui sebab Amerika adalah negara super power dunia yang menguasai perekonomian, militer, serta teknologi dunia.

Amerika Serikat terletak di tengah benua Amerika Utara, berbatasan dengan Kanada di sebelah utara dan Meksiko di sebelah selatan. Negara Amerika Serikat membentang dari Samudera Atlantik di pesisir timur ke Samudera Pasifik di pantai barat, termasuk Kepulauan Hawaii di Samudra Pasifik, negara bagian Alaska di ujung utara Amerika, dan wilayah lainnya.

Pemukim pertama dalam apa yang sekarang Amerika Serikat datang dari Asia sekitar 15.000 tahun yang lalu. Mereka menyeberangi jembatan darat Bering ke Alaska. Selanjutnya, penduduk asli Amerika menetap di wilayah tersebut selama ribuan tahun. Pada 1492, Christopher Columbus mencapai Amerika. Orang Inggris kemudian menetap di Jamestown, Virginia pada 1607. Pemukiman-pemukiman ini dianggap sebagai permukiman pertama di Amerika Serikat. Selanjutnya, Amerika Serikat terus dikunjungi oleh orang Inggris. Perancis, Spanyol, dan Belanda juga menetap di beberapa Amerika Serikat. Perkembangan koloni Inggris berakhir tidak baik untuk penduduk asli Amerika, karena banyak dari mereka yang meninggal akibat penyakit itu, dan mereka kehilangan negara mereka.

Amerika Serikat terbentuk dari 13 bekas koloni Inggris setelah Revolusi Amerika setelah deklarasi kemerdekaan pada tanggal 4 Juli 1776. Perang ini dimulai karena penjajah merasa diperlakukan tidak adil oleh Inggris.

Setelah Revolusi, Amerika Serikat menghadapi banyak masalah, seperti perbudakan. Pada 1800-an, AS memperoleh banyak wilayah dan mulai terindustralisasi. Dari 1861 sampai 1865, Perang Saudara Amerika berkecamuk antara Utara dan Selatan. Perang ini disebabkan oleh perselisihan hak negara ', perbudakan, dan masa depan Amerika Serikat. Beberapa negara bagian di Selatan meninggalkan Amerika Serikat dan mendirikan Konfederasi.

Utara memenangkan perang, dan negara-negara yang telah meninggalkan serikat kembali ke Amerika Serikat. Negara ini dan kemudian melalui masa rekonstruksi. Pada akhir 1800-an, banyak orang Eropa datang ke Amerika Serikat dan bekerja di pabrik-pabrik besar. Pada awal abad ke-20, AS menjadi kekuatan dunia. Ekonomi adalah salah satu yang terbesar di dunia. Negara ini juga terlibat dalam Perang Dunia I dan II.

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat terlibat dalam Perang Dingin dengan Uni Soviet. Selama Perang Dingin, pemerintah menghabiskan banyak uang untuk pertahanan. Keterlibatan AS dalam Perang Korea dan Vietnam, dan juga dikirim Neil Armstrong dan Amerika lainnya ke ruang angkasa. Pada tahun 1991, Uni Soviet runtuh dan perang dingin berakhir. Timur Tengah menjadi penting bagi Amerika, terutama setelah serangan 11 September 2001. Sekarang, Amerika Serikat adalah negara adidaya, tapi masih menghadapi beberapa masalah.
Sebelum penemuan Amerika
Nenek moyang penduduk asli Amerika berasal dari Asia. Mereka menyeberangi jembatan darat Bering ke Alaska.

Jembatan Bering tanah, juga dikenal sebagai Beringia, adalah sebuah jembatan tanah. Pada baris terjauh dari utara ke selatan, sekitar 1.600 km panjang, menghubungkan Siberia timur dengan Alaska sekarang di berbagai waktu selama Pleistosin zaman es. Beringia tidak tertutup es karena salju turun sangat sedikit karena angin yang bertiup dari barat daya Samudera Pasifik telah kehilangan sebagian besar uap airnya di atas Pegunungan Alaska yang sepenuhnya tertutup salju.

Selat Bering, Laut Chukchi di utara dan Laut Bering di selatan, semua laut dangkal (peta, kanan). Pada siklus pendinginan global, seperti yang terjadi terakhir di zaman es, ada cukup banyak air laut yang terkonsentrasi di puncak es di Kutub Utara dan Antartika sehingga pengurangan seragam permukaan laut (eustatic) mengekspos dasar laut dangkal . Jembatan darat lainnya di seluruh dunia telah terbentuk dan dilapis ulang dengan air laut dengan cara yang sama: sekitar 14.000 tahun yang lalu, daratan Australia juga terhubung dengan New Guinea dan Tasmania, merupakan perpanjangan dari Kepulauan Inggris dari daratan Eropa melalui Selat Inggris, dan dikeringkan cekungan Laut Cina Selatan menghubungkan Sumatra, Jawa dan Borneo ke daratan Asia.

Pra-Columbus periode adalah periode sebelum kedatangan Christopher Columbus ke Amerika pada tahun 1492. Pada saat itu, penduduk asli Amerika menetap di Amerika Serikat. Mereka memiliki kebudayaan yang berbeda: penduduk asli Amerika Serikat bagian timur untuk berburu; penduduk asli di Amerika Serikat barat laut dari penangkapan ikan; penduduk asli barat daya jagung tanam dan membangun rumah yang disebut pueblo, dan penduduk asli di Great Plains untuk berburu bison.

Kenapa Amerika dijuluki sebagai negara “Paman Sam” (Uncle Sam) ?. Begini ceritanya, dahulu ada orang bernama Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, tanggal 13 September 1766. Pada usia 14 tahun, ia menjadi sukarelawan pejuang bagi negaranya. Setelah dewasa, ia membuka usaha kemasan daging di New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.

Pada tahun 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson. Samuel Wilson sering dipanggil “Uncle Sam” oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Pada saat dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson dan US adalah Paman Sam yang seharusnya adalah United States. Jadi judul menjadi populer di kalangan para pekerja, tentara, dan orang-orang, dan Pemerintah Amerika Serikat sekarang dikenal sebagai “Paman Sam”

Kisah diatas akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika.

Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan ‘Rumah Paman Sam.’ Akhirnya , nama Paman Sam secara resmi dipakai untuk julukan negara Amerika. Orang-orang Amerika sekarang bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.

Sumber:
http://forum.vivanews.com/sejarah-dan-budaya/142776-sejarah-berdirinya-negara-amerika-serikat.html
http://heisalfian.posterous.com/sejarah-negara-amerika-serikat-dijuluki-paman
0 Komentar untuk "Sejarah Berdiri Negara Amerika Serikat"

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top