Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals

Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals- Siapa yang tidak kenal dengan legenda Indonesia yang satu ini.Iwan Fals, karya-karyanya begitu lekat di hati para penggemarnya. Tanpa melihat, orang bisa langsung tahu bahwa si Oom Iwan lah yang bernyanyi. Pasti Sobat penasaran kan dengan sosok yang satu ini. Yuk terus baca artikel Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals berikut ini. 

Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals

Pria kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini mempunyai nama asli Virgiawan Listanto. Siapa sangka kesuksesan yang Ia raih kini tidak luput dari suramnya perjuangan semasa muda. Namun tetap saja Tuhan maha adil dan tidak akan menyia-nyiakan hambanya yang berusaha. Iwan menghabiskan masa kecilnya di kota kembang, Bandung. Bakat menyanyinya sudah mulai terasah saat Ia berusia 13 tahun. 

Di sana anak dari pasangan Lies (ibu) dan Haryoso almarhum (kolonel Anumerta) ini asyik mengasah kemampuannya bermusik yakni menghabiskan waktu dengan mengamen. Pada saat masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), Iwan sudah mampu menciptakan lagu sendiri. Ia juga aktiff dalam kegi  atan bermusik di sekolahnya. Ternyata kemampuannya bermusik menarik minat salah seorang produser untuk membawanya ke Jakarta. 

Demi biaya membuat master, Ia rela untuk menjual motornya. Akhirnya impiannyya masuk kedpaur rekaman terwujud. Bersama-sama rekannya, Toto Gunarto, Helmi, Bambang Bule yang tergabung dalam Amburadul berhasil mengeluarkan album pertama. Sayangnya album tersebut gagal di pasaran. Akan tetapi saat ini album tersebut menjadi buruan para kolektor serta fans fanatik Iwan Fals.

Sampai akhirnya, perjalanan Iwan bekerja sama dengan Musica Studio. Sebelum ke Musica, Iwan sudah rekaman sekitar 4-5 album. Di Musica, barulah lagu-lagu Iwan digarap lebih serius. Album Sarjana Muda, misalnya, musiknya ditangani oleh Willy Soemantri.

Namun, Iwan tetap menjalani profesinya sebagai pengamen. Ia mengamen dengan mendatangi rumah ke rumah, kadang di Pasar Kaget atau Blok M. Album Sarjana Muda ternyata banyak diminati dan Iwan mulai mendapatkan berbagai tawaran untuk bernyanyi. Ia kemudian sempat masuk televisi setelah tahun 1987. Saat acara Manasuka Siaran Niaga disiarkan di TVRI, lagu Oemar Bakri sempat ditayangkan di TVRI. Ketika anak kedua Iwan, Cikal lahir tahun 1985, kegiatan mengamen langsung dihentikan.

Selama Orde Baru, banyak jadwal acara konser Iwan yang dilarang dan dibatalkan oleh aparat pemerintah, karena lirik-lirik lagunya dianggap dapat memancing kerusuhan. Pada awal kariernya, Iwan Fals banyak membuat lagu yang bertema kritikan pada pemerintah. Beberapa lagu itu bahkan bisa dikategorikan terlalu keras pada masanya, sehingga perusahaan rekaman yang memayungi Iwan Fals enggan atau lebih tepatnya tidak berani memasukkan lagu-lagu tersebut dalam album untuk dijual bebas. Belakangan Iwan Fals juga mengakui kalau pada saat itu dia sendiri juga tidak tertarik untuk memasukkan lagu-lagu ini ke dalam album.

Rekaman lagu-lagu yang tidak dipasarkan tersebut kemudian sempat diputar di sebuah stasiun radio yang sekarang sudah tidak mengudara lagi. Iwan Fals juga pernah menyanyikan lagu-lagu tersebut dalam beberapa konser musik, yang mengakibatkan dia berulang kali harus berurusan dengan pihak keamanan dengan alasan lirik lagu yang dinyanyikan dapat mengganggu stabilitas negara.Beberapa konser musiknya pada tahun 80-an juga sempat disabotase dengan cara memadamkan aliran listrik dan pernah juga dibubarkan secara paksa hanya karena Iwan Fals membawakan lirik lagu yang menyindir penguasa saat itu.

Pada bulan April tahun 1984 Iwan Fals harus berurusan dengan aparat keamanan dan sempat ditahan dan diinterogasi selama 2 minggu gara-gara menyanyikan lirik lagu Demokrasi Nasi dan Pola Sederhana juga Mbak Tini pada sebuah konser di Pekanbaru. Sejak kejadian itu, Iwan Fals dan keluarganya sering mendapatkan teror.Hanya segelintir fans fanatik Iwan Fals yang masih menyimpan rekaman lagu-lagu ini, dan sekarang menjadi koleksi yang sangat berharga.

Saat bergabung dengan kelompok SWAMI dan merilis album bertajuk SWAMI pada 1989, nama Iwan semakin meroket dengan mencetak hits Bento dan Bongkar yang sangat fenomenal. Perjalanan karier Iwan Fals terus menanjak ketika dia bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh oleh pengusaha Setiawan Djodi. Konser-konser Kantata Takwa saat itu sampai sekarang dianggap sebagai konser musik yang terbesar dan termegah sepanjang sejarah musik Indonesia.

Setelah kontrak dengan SWAMI yang menghasilkan dua album (SWAMI dan SWAMI II) berakhir, dan di sela Kantata (yang menghasilkan Kantata Takwa dan Kantata Samsara), Iwan Fals masih meluncurkan album-album solo maupun bersama kelompok seperti album Dalbo yang dikerjakan bersama sebagian mantan personil SWAMI.

Sejak meluncurnya album Suara Hati pada 2002, Iwan Fals telah memiliki kelompok musisi pengiring yang tetap dan selalu menyertai dalam setiap pengerjaan album maupun konser. Menariknya, dalam seluruh alat musik yang digunakan baik oleh Iwan fals maupun bandnya pada setiap penampilan di depan publik tidak pernah terlihat merek maupun logo. Seluruh identitas tersebut selalu ditutupi atau dihilangkan. Pada panggung yang menjadi dunianya, Iwan Fals tidak pernah mengizinkan ada logo atau tulisan sponsor terpampang untuk menjaga idealismenya yang tidak mau dianggap menjadi wakil dari produk tertentu.

Iwan memang legenda yang sederhana. Lewat lagu-lagunya, Ia berhasil menggambarkan suasana sosial kehidupan yang terjadi dengan bangsa ini. Kharismanya sangat besar dan sangat dipuja oleh kaum ‘akar rumput’. Tak jarang kesederhanaannya tersebut menjadi panutan para penggemarnya yang tersebar diseluruh nusantara.

Bahkan para penggemarnya mendirikan yayasan yang diberi nama Yayasan Orang Indonesia yang dikenal dengan Oi. Yayasan ini berdiri pada tanggal 16 Agustus 1999 dan banyak mempunyai kantor cabang. Dalam kehidupan pribadinya, Iwan menikah dengan Rosanna (Mbak Yos) dan mempunyai anak Galang Rambu Anarki (almarhum), Annisa Cikal Rambu Basae, dan Rayya Rambu Robbani.

Nah Sobat, demikian artikel tentang Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat semua. Ikuti terus berbagai sejarah hanya di Kumpulan Sejarah
1 Komentar untuk "Sejarah Kisah Hidup Iwan Fals"

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top