Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Komputer Lengkap

Sejarah Komputer Lengkap- Sobat, dizaman yang serba modern ini komputer bukan lagi menjadi benda asing untuk kita. Komputer berhasil mempermudah pekerjaan manusia diseluruh dunia hampir segala aspek. Sekarang ini komputer bukan alat yang langka, dan bisa digunakan oleh hampir semua orang. Sejarah Perkembangan Komputer dapat kita lihat dari perubahan gambar komputer itu sendiri. Pada pengembangan komputer, anda akan mendapatkan perbedaan dari generasi ke generasi mulai dari komputer diciptakan hingga saat ini komputer menjelma menjadi sebuah alat canggih dan fleksibel.

Sejarah Komputer Lengkap - Kumpulan Sejarah

Istilah Komputer muncul pada tahun 1613 dalam sebuah buku karangan penulis berkebangsaan Inggris, Richard Braithwait I yang berjudul "The yong mans gleanings’'. Namun pada buku tersebut komputer yang dimaksud bermakna "orang yang melakukan perhitungan", atau "perhitungan". 

Istilah Komputer dengan makna ‘perhitungan; ternyata melekat hingga akhir abad ke-19. Barulah menjelang Abad-20, kata Komputer mulai mengalami pergeseran makna, yaitu "sebuah mesin yang melakukan perhitungan".

Sejarah Komputer Lengkap, Alat Bantu Hitung
Komputer lengkap modern awalnya dimulai dengan dua teknologi yakni perhitungan otomatis dan programabilitas. Akan tetapi tak satu pun alat yang dapat diidentifikasi sebagai awal dari alat komputer. Pasalnya makna dan penggunaan istilah Komputer yang berbeda-beda.

Terdapat alat hitung dari beberapa kebudayaan yakni Sempoa Sumeria dari sekitar tahun 2.500 SM dan juga mekanisme Antikythera, sebuah alat komputer astronomi analog kuno yang dibuat pada sekitar tahun 80 SM oleh bangsa Yunani.

Sejarah Komputer Lengkap, Penemuan Kalkulator Pascal
Sejarah komputer lengkap mengalami sejarah baru dengan diciptakannya alat hitung modern oleh Blaise Pascal di tahun 1642. Alat ini kemudian lebih dikenal dengan nama "Kalkulator Pascal" dan menjadi satu-satunya alat hitung modern yang paling tepat pada masa itu.

Thomas de Colmar pada tahun 1851 mengeluarkan penemuan terbaru miliknya setelah membuatannya selama 30 tahun. Penemuan itu berupa alat arithmometer yang jauh lebih sederhana dan modern. Alat ini kemudian diproduksi secara massal untuk diperjualbelikan, karena kemampuannya dan ketangguhannya sehingga bisa digunakan di kantor-kantor dan bisa dibawa ke mana-mana.

Sejarah Komputer Lengkap, Kalkulator Mesin
Pada 1837, Charles Babbage yang juga dianggap sebagai "Bapak komputer" yang sesungguhnya merupakan orang pertama yang membuat konsep dan desain kalkulator mesin yang terprogram . mesin ini ia sebut dengan Mesin Analisis.

Di sekitar tahun 1842 dan 1843, seorang analis dari mesin analitis Charles Babbage bernama Ada Lovelace, menerjemahkan sebuah artikel yang ditulis oleh insinyur militer Italia bernama Luigi Menabrea dengan mesin tersebut, yang telah ia lengkapi dengan beberapa catatan sendiri yang cukup rumit. Catatan Lovelace ini mengandung apa yang kemudian dianggap sebagai program komputer pertama, yaitu sebuah algoritma berkode agar dapat diproses oleh mesin.

Di sekitar akhir tahun 1880-an, Herman Hollerith menciptakan rekaman data pada media mesin yang dapat dibaca (Machine-readable media). Machine-readable media telah digunakan sebelumnya sebagai alat pengendali, bukan data. Ketiga penemuan diatas merupakan tonggak dari informatika modern. 

Sejarah Komputer Lengkap, Munculnya Kalkulator Modern
Sejarah komputer lengkap mengalami puncaknya pada tahun 1888 dimana Henry Babbage putra dari Charles Babbage, menyelesaikan versi sederhana dari unit komputer mesin analitis-nya. Dia mendemonstrasikan mesinnya tersebut di hadapan publik pada tahun 1906. Dimana mesin tersebut melakukan penghitungan sekaligus mencetak 40 perkalian Pi dengan ketepatan hitungan mencapai 29 desimal.

Leonardo Torres y Quevedo membuat dua buah mesin analitis untuk membuktikan bahwa semua fungsi mesin analitis Babbage bisa diganti dengan perangkat elektromekanis. Yang pertama, dibangun pada tahun 1914, memiliki sedikit memori elektromekanik. Dan yang kedua dibangun pada tahun 1920, untuk merayakan ulang tahun ke-100 satu dari penemuan arithmometer, yang dapat mencetak hasilnya pada mesin tik.

Seorang fisikawan bernama Howard Aiken ingin membangun sebuah kalkulator raksasa dan mencari sponsor untuk mewujudkannya. Dia mempresentasikan desainnya kepada Monroe Calculator Company dan kemudian ke Universitas Harvard, keduanya tanpa hasil.

Aiken kemudian dihubungi oleh IBM dan mempresentasikan mesinnya yang berbasis mesin analitis Babbage. Kemudian ini merupakan tonggak bersejarah dari kalkulator yang menggunakan program komputer, dan selanjutnya terus dipakai sampai kemudian hari.

Sejarah Komputer Lengkap, Munculnya Komputer Pertama
Perkembangan komputer memasuki babak baru. Bermula dari Alan Turing, yang dianggap sebagai bapak ilmu komputer modern. Pada tahun 1936, ia memberikan pengaruh penting pada konsep algoritma dan perhitungan dengan mesin dimana Turing menciptakan "blueprint" atau cetak biru untuk komputer elektronik digital.

Zuse yang adalah seorang Konrad Jerman berhasil membuat komputer pertama yang benar-benar berfungsi di sebuah ruang tamu di rumah orang tuanya di Jerman. Komputer pertama yang kemudian diberi nama Z1 ini ia buat dari tahun 1936 sampai tahun 1938, dan dianggap sebagai komputer modern yang pertama di dunia.

Konrad Zuse kemudian juga membuat program komputer pertama. Dan kemudian juga membangun komputer Z3, mesin komputasi elektromekanis pada tahun 1941. Sedangkan komputer elektronik, yang dapat diprogram, yang pertama dinamai Colossus dibuat pada tahun 1943 oleh Tommy Flowers.
Sejarah Komputer Lengkap, Perkembangan Komputer Modern

Komputer berkembang dengan sangat cepat usai penciptaan komputer Z3 oleh Konrar Zuse. Perkembangan ini berkaitan dengan komputer secara teknis. Selain itu juga berkaitan dengan bentuk fisik komputer yang terus mengalami perubahan yang sangat baik. komputer menggunakan bahan dan teknologi yang semakin canggih, begitu pun dengan teknologi informatika.

Pada tahun 1950-an komputer menggunakan tabung vakum sebagai elemen elektroniknya, tetapi di tahun 1960-an semua telah digantikan oleh mesin berbasis transistor yang lebih kecil, lebih cepat, lebih murah biaya produksinya, memerlukan lebih sedikit daya, dan lebih dapat tangguh.

Komputer transistor pertama didemonstrasikan di University of Manchester pada tahun 1953. Dan ditemukannya teknologi sirkuit terintegrasi dan mikroprosesor di tahun 1970-an telah membuat perubahan besar pada teknplogi komputer. Komputer menjadi jauh lebih kecil, lebih cepat, dan kemampuannya jauh meningkat.

Sekitar 1980-an komputer pribadi (PC) semakin berkembang dan sangat menjamur. Terlebih dengan adanya evolusi internet, komputer telah masuk ke berbagai alat elektronik dengan berbagai bentuk dan kecanggihan, seperti pada televisi, telepon seluler, dan peralatan rumah tangga lainnya. 

Nah Sobat, sudah tahu kan bagaimana Sejarah Komputer Lengkap. Terimakasih sudah membaca artikel ini. Semoga informasi ini semakin menambah pengetahuan anda. Ikuti terus kisah-kisah sejarah tentang berbagai hal hanya di Kumpulan Sejarah
1 Komentar untuk "Sejarah Komputer Lengkap"

Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www , SmsQQ , com

Keunggulan dari smsqq adalah
*Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
*Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
*Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
*Bonus Setiap Hari Dibagikan
*Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
*Bonus referral 10% + 10%
*Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
*Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


bosku minat daftar langsung aja bosku^^

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top