Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Puncak Perkembangan Kristen di Eropa

Puncak Perkembangan Kristen di Eropa- Puncak perkembangan Kristen berlangsung sejak Abad pertengahan (abad ke-6 sampai 16 M)Runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat mengancam kekacauan sosial politik hampir di seluruh Eropa. Ditengah ancaman itu, Gereja menjadi satu-satunya lembaga yang dapat diandalkan.

Puncak Perkembangan Kristen di Eropa

Dengan organisasi yang kuat dan teratur,Gereja –dibawah pimpinan Paus –menentukan percaturan politik,sosial,ekonomi, dan budaya di Eropa peran penting didirikannya sekolah dan universitas terkemuka di Eropa. dominasi kuat Gereja seperti itu menyebabkan Kristen member sumbangan besar bagi perkembangan peradaban Barat (western civilization).

Dalam kancah perkembagan pesat Kristen di Eropa, kalangan rohaniwan memegang peranan penting kedudukan mereka terpandang, kerena selain ahli agama, mereka pun ahli dibidang ilmu lainnya.ilmu pengetahuan modern turut di rintisoleh buah pemikiran mereka. Ilmu yang menjadi primadona ketika itu adalah Filsafat dan Teologi.
.
Selesai Abad Pertengahan, Eropa memasuki Abad pencerahan. Masa itu ditandai oleh menurunnya dominasi Gereja dalam kehidupan masyarakat. Kalangan non-rohaniwan lambat laun memegang peran menentukan dalam kancah politik,social, dan budaya, termasuk  ilmu pengetahuan.sejak saat itulah, ilmu pengetahuan modern mulai menemukan bentuknya sampai sekarang.
0 Komentar untuk "Puncak Perkembangan Kristen di Eropa"

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top