Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Singkat Berdirinya NU (Nahdlatul Ulama)

Sejarah Singkat Berdirinya NU (Nahdlatul Ulama)- Nahdlatul Ulama (NU) berdiri pada tanggal 31 Januari 1926 di Jawa Timur. Organisasi ini merupakan wadah para ulama di dalam tugas memimpin Islam menuju cita-cita Izzul Islam Muslimin (kejayaan Islam dan umatnya).

Sejarah Singkat Berdirinya NU (Nahdlatul Ulama)

Susunan pengurus Nahdlatul Ulama (NU) pada waktu itu sebagai berikut:
  • Rois Akbar  :  K.H. Muhammad Hasyim Asy'ari
  • Wakil Rois Akbar  :  K.H. Dahlan
  • Khatib  :  K.H. Abdul Wahab Hasbulloh
Nahdlatul Ulama (NU) dapat berkembang dengan cepat sebagai organisasi Islam yang berskala nasional. Hal itu ditunjang oleh kenyataan bahwa NU lahir di Jawa Timur yang selama berabad-abad menjadi pusat perkembangan pesantren dan tarekat di Indonesia. Banyak para ulama besar dari berbagai daerah yang berasal dari pesantren di Jawa Timur. Mereka memiliki rasa persaudaraan seperguruan dengan pemimpin pesantren yang terdapat di Jawa Timur.

Nahdlatul Ulama (NU) mengorganisasi lembaga pesantren dan gerakan tarekat dalam dua wadah organisasi nasional. Organisasi tersebut adalah Jam'iyyah Rabbitah al-Ma'ahid (organisasi ikatan pondok pesantren) yang menghimpun pesantren dan Jam'iyyah Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdiyyah (organisasi tarekat sah) untuk organisasi tarekat. Dengan demikian organisasi tradisional yang berkembang di daerah-daerah pada umumnya dapat dihimpun dan menginduk ke Nahdlatul Ulama (NU).

Pada mulanya Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi keagamaan. Namun pada tahun 1945 Nahdlatul Ulama mulai bergerak dalam bidang politik dengan menggabungkan diri dalam partai Masyumi. Pada Muktamar ke-19 di Palembang tanggal 1 Mei 1952, Nahdlatul Ulama menyatakan keluar dari partai Masyumi dan menjadikan dirinya sebagai partai politik (Partai Nahdlatul Ulama). Kemudian pada tahun 1973, Partai NU dan partai-partai Islam lainnya, seperti PSII, Parmusi, dan Perti memfusikan kegiatan politiknya ke dalam Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Dalam perkembangan selanjutnya NU kembali menjadi Jam'iyyah atau organisasi keagamaan hingga sekarang.
2 Komentar untuk "Sejarah Singkat Berdirinya NU (Nahdlatul Ulama)"

thanks yaa infonya gan... kelar deh tugas2 ane...
perthankan terus yaa gan :)

visit balik yaa. di billi-downloads.blogspot.com

makasih gan, oke ntar ane kunjungi balik :)

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top