Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia- Pada kesempatan kali ini Kumpulan Sejarah akan berbagi informasi menarik kepada sobat semua yang datang dari industri perfilman di dunia. Kali ini sobat akan diajak untuk mengetahui Sejarah dari Pembuatan Film Pertama di Dunia. Berikut ini informasi selengkapnya.

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia
Menurut para teoritikus film, film yang kita kenal sekarang ini merupakan perkembangan dari fotografi yang diciptakan oleh Joseph Nicephore Niepce dari Perancis pada tahun 1826.

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia
Bila dikaitkan dengan gambar bergerak, maka terciptanya film bermula dari suatu pertanyaan unik, “Apakah keempat kaki kuda pada suatu saat berada pada posisi melayang secara bersamaan ketika berlari?” Untuk menjawab pertanyaan ini, tahun 1878 Edward Muybridge dari Standford University, Inggris, membuat serentetan 16 foto (frame) kuda yang sedang berlari. Kemudian, ketika foto kuda berlari tersebut dilihat secara berurutan dalam kecepatan tertentu terjadilah gerakan kuda berlari. Inilah gambar rekaman bergerak pertama yang diciptakan di dunia Untuk mempertunjukkan gambar rekaman bergeraknya selama perjalanan kuliahnya ke berbagai tempat Edward Muybridge menciptakan zoopraxiscope. Berdasarkan ciptaannya ini, Edward Muybridge disebut sbagai pencipta gambar rekaman bergerak/film pertama (motion picture).

Zoopraxiscope (diucapkan ZOH-uh-PRAKS-scohp) bersama dengan zoetrope dan thaumatrope, dapat dianggap sebagai pelopor dari teknologi gambar bergerak (motion display technologies) dewasa ini, termasuk GIF dan teknologi video seperti video streaming) yang semuanya menciptakan gerakan dengan menyajikan gambar-gambar berbeda sikap tapi satu sama lainnya berkaitan erat.

Zoopraxiscope atau putaran roda yang menghidupkan (wheel of life) pertama kali dipatenkan tahun 1867 di USA oleh William Lincoln, gambar atau foto yang bergerak dilihat melalui lobang kecil pada zoopraxiscope. Tapi alat ini jauh dari film yang kita kenal sekarang.

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia
Kalau terciptanya film bermula dari pertanyaan unik tentang kaki kuda, maka industri film dimulai dengan “orang bersin” seperti dikatakan Bob Thomas dalam bukunya King Cohn, Biografi Pendiri Columbia Pictures

Pada mulanya sederhana saja. Thomas Alva Edison membuat gambar hidup memperlihatkan Fred Ott yang sedang bersin., maka lahirlah sebuah industri . Bayar uang satu sen, film diputar, silahkan lihat betapa lucunya orang itu bersin. Orang berduyun-duyun menuju salon kinestope, berdesak-desakan untuk selama satu menit menonton gambar yang bergerak. Di samping film “The Sneez” (Bersin) tadi mereka melihat “Sandow” , “The Strong Man”, “Anny Oakly”, beruang-beruang yang sudah dilatih, cara mencabut gigi dan bagaimana gadis-gadis Puerto Rico menghibur prajurit-prajurit Paman Sam.

Dalam tahun 1891, The Edison Company berhasil mempertunjukkan kinematoscope ciptaan Thomas Alfa Edison (1847-1931) – ilmuwan Amerika yang menemukan lampu listrik dan piringan hitam (phonograph). Bentuknya menyerupai sebuah kotak besar dengan lubang pengintip di atasnya untuk penonton melihat gambar bergerak di dalamnya. Satu pertunjukan film yang hanya bisa oleh satu orang. Pada tahun 1894, mulai diadakan pertunjukan cinetoscope di kota New York.

Film Pertama di Dunia
Film pertama di dunia ini dirilis pada tahun 1903. Film tersebut diambil dari kisah nyata mengenai perampokan kereta besar-besaran yang terjadi di Amerika Serikat. Nama Film itu adalah "The Great Train Robbery".

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia
Film "The Great Train Robbery" merupakan film barat danini berdasarkan kisah perampokan kereta api pengangkut emas di tahun 1896. Film ini diproduksi dan ditulis oleh Thomas Alfa Edison tetapi difilmkan oleh karyawannya, Edwin S. Porter. Dalam pencatatan sejarah perfilman, film ini adalah film bergerak pertama yang dibuat. Walaupun masih hitam putih dan dibuat tanpa suara (film bisu.), namun film berdurasi 12 menit ini bisa menjadi inspirasi bagi pembuatan film-film berikutnya.

Film ini menggunakan beberapa teknik inovatif termasuk lintas sektor, paparan editing komposit ganda, gerakan kamera dan lokasi pemotretan. Cross-luka adalah sebuah teknik, editing baru yang canggih. Beberapa cetakan juga menyerahkan diwarnai dalam adegan tertentu. Tidak ada teknik yang asli untuk The Great Train Robbery, dan sekarang dianggap bahwa itu sangat dipengaruhi oleh film sebelumnya Inggris Frank yang Mottershaw Sebuah Pencurian Daylight Daring.

Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia
Aktor dalam film termasuk Alfred C. Abadie, Broncho Billy Anderson dan Justus D. Barnes, meskipun tidak ada kredit. Meskipun Barat, itu difilmkan di Milltown, New Jersey. Film ini telah dipilih untuk pelestarian di Registry Amerika Serikat Film Nasional.
1 Komentar untuk "Sejarah Pembuatan Film Pertama di Dunia"

Dengan dimana fasilitas fasilitas yang telah di berikan ACY memang dimana terbaik juga, dengan bonus yang ada menarik, adanya khursus online nya. Saat ini ane sih masih belum tertarik om untuk gabung bersama ACY ini, dengan dimana ada hal yang harus dapat di kembangkan kembali, seperti dimana layanan bahasanya yang kurang, leverage nya yang kecil, serta spread yang agak tinggi, semoga dapat di kembangkan deh ACY ini agar ane nanti dapat lebih tertarik untuk coba gabung bersama ACY ini

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top