Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Sandal Jepit

Sejarah Sandal Jepit- Dalam perkembangan sejarah umat manusia, sandal berbarengan dengan jaman logam. Terutama setelah diciptakannya paku, karena saat itu sering terjadi kecelakaan kacugak (kaki tertusuk paku). Sehingga diciptakanlah sandal, sebagai pelindung kaki. Namun perkembangan sandal jepit ternyata mempunyai cerita tersendiri.

Sejarah Sandal Jepit
Pertama-tama sandal jepit ini di temukan di daerah Cina Utara yang pada saat itu di pimpin oleh Kaisar Cing Cang Ke Ling. Penemuan sandal jepit tidak disengaja. Di mana pada saat itu, kaisar sedang berburu harimau dengan busur panahnya melihat si kaki seribu melintas di ibu jari kakinya, karena merasa jijik, si kaisar latah, sambil berkata “ eh sial..gua jepit lo”.

Dari sana tersebar gosip dari mulut ke mulut, bahwa kaisar itu latah. Ini akibat ulah comel dari pengawal kaisar yang melihat kelatahan kaisar dan memberikan kabar ini pada media Cek Li Cek, media cetak gosip mingguan di Cina Utara. Untuk menjaga kewibawaan kaisar, maka para penasehat kaisar bersidang. Dari sidang muncul keputusan, bahwa harus ada alas kaki, buat kaki kaisar agar terhindar dari serangga menjijikan, maka di buatlah alas kaki dari kayu, dengan memberikan tiang pendek pas dekat ibu jari. Hal itu sekaligus sebagai peringatan bagi para gosiper, kalau masih menggosip kaisar latah akan diinjak dan dijepit lho. Itu kisah sandal jepit dari Cina walau pun ini masih perlu dibuktikan kebenarannya.

Kalau menilik dari masa keemasan Bangsa Eropa, sandal jepit ini muncul saat revoulusi inggris. Dimana para petani meninggalkan ladangnya, dan bekerja dipabrik-pabrik. Pada saat itu,jarang ada petani memakai alas kaki ke pabrik. Jadi pabrik menjadi kotor, petugas kebersihan sering mengeluh karena banyak pasir yg terbawa ke ruangan.
Mereka sring ngomel2 :
" SAND ALL.. SAND ALL... STUPID"( Pasir semua2 bodoh)..!!!

Karena pabrik sangat bising, maka kedengarannya menjadi "Sandal Jepit", maka para buruh memakai sandal jepit untuk menghindari omelan omelan.
Tapi sejarah ini masih diragukan faktanya.

Berbeda di Indonesia, sandal jepit sudah mulai ada dari jaman Tarumanegara Bogor, pada abad ke7. Hal itu dibuktikan dengan penemuan batu tulis yg didalamnya ada prasasti dan telapak kaki raja. Sayang sekali tak ada keterangan Sandal apa yg dibuat. Tapi, jelas dari cetakan telapak kaki raja, tidak  ada tanda kaki raja pecah-pecah ( rorombehen ). Berarti kaki raja sudah pakai sandal.

Tak seorangpun yang mengklaim sebagai penemu sandal jepit. Ini sangat mengherankan, walau tak bergengsi sprti THOMAS ALVA EDISON sang penemu lisrik, sendal jepit merupakan kebutuhan sehari-hari. Bahkan ada hubungannya dengan listrik. Contohnya saja Kalau anda sedang memperbaiki listrik, pasti orang terdekat anda akan bilang," sendal jepitnya Dipakein biar gak kesetrum!!! :D

Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai Sejarah Sandal Jepit :)
0 Komentar untuk "Sejarah Sandal Jepit"

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top