Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Seni Beladiri Muay Thai (Thai Boxing)

Sejarah Seni Beladiri Muay Thai (Thai Boxing)- Muay Thai adalah olahraga tempur dengan asal-usul yang ditetapkan jauh di dalam sejarah Thailand. Muay (tinju) Thai diucapkan Muay Thai oleh Thailand asli. Muay Thai adalah olahraga pertempuran brutal dan atletis, dengan peserta memanfaatkan tinju, siku, lutut dan kaki sebagai senjata yang dominan dengan lawan. Muay Thai dipraktekkan secara luas di Thailand, dengan partisipasi internasional secara signifikan berkembang selama dekade terakhir.
Sejarah Seni Beladiri Muay Thai (Thai Boxing)
Sejarah Seni Beladiri Muay Thai (Thai Boxing)
Thai boxing memiliki nilai sejarah yang dihargai oleh orang-orang yang berlatih olahraga. Ini sejarah yang membentuk budaya Thai boxing telah dikembangkan selama berabad-abad pertempuran militer dan kerajaan, pengaruh agama, makna budaya, pembangunan sosial, dan dukungan pemerintah.

Muaythai atau Thai Boxing berkembang sejak hampir 1000 tahun yang lalu di Thailand dan telah menjadi olahraga nasional bangsa Thailand. Asal mula olahraga ini bernama Krabbi Krabbong. Pada masa pemerintahan Raja Phra Cao Sua (1702), yang juga dikenal dengan “Tiger King”, beliau mengajarkan Muaythai pada seluruh bala tentaranya. Raja sangat mencintai Muaythai.

Tahun 1774 telah dikenal petarung bernama Nai Khanom Tom, karena perangnya melawan Burma. Waktu itu ia tertangkap bersama dengan beberapa orang dari kota Siam (sekarang Thailand) yang bernama Ayyuthaya, lalu dipenjara di Burma. Nai Khanom Tom adalah petarung hebat pada masanya. Ia mewakili teman-temannya dalam sebuah kontes pertarungan yang diadakan Raja Mangra. Tanpa halangan ia pun berhasil mengalahkan sepuluh petarung terbaik Burma sekaligus dengan tangan kosong. Setelah itu Raja memberikan kebebasan sebagai hadiahnya, dan ia pun kembali ke Ayyuthaya sebagai seorang pahlawan.

Sejak itu seluruh tentara di Thailand berlatih untuk menggunakan Muaythai sebagai bekal apabila mereka perang jarak dekat tanpa senjata. Sejarah tersebut telah melegenda di seluruh pelosok dan menjadi bagian dari kebudayaan Thailand. Sekarang semua orang di Thailand sangat akrab dengan olahraga Muaythai ini sejak masih anak-anak. Bahkan disetiap desa sering melakukan kejuaraan-kejuaraan untuk mempunyai juara-juara yang tangguh.

Memadukan tehnik tendangan, sapuan kaki, lompatan, tehnik siku dan pukulan yang benar-benar ampuh. Bagi yang pernah nonton film Ong Bak pasti kenal ilmu bela diri ini. Disitu Tony Jaa memainkan Muay Thai tanpa trik-trik atau tipuan kayak film-film silat Hongkong.

Nai Khanom Tom dianggap sebagai petinju paling terkenal dalam sejarah Thai boxing. Dia adalah petinju pertama yang telah berjuang di negara lain. Setelah dipenjarakan oleh Burma selama perang Nai Khanom Tom ditantang untuk melawan 10 dari Bando petinju terbaik Burma. Dia mengalahkan semua satu demi satu dan diberikan kebebasan kembali ke Siam.

Bentuk tinju dan tempur di Thailand selama periode bersejarah ini dikenal sebagai Muay Boran, dan digunakan sebagai bentuk signifikan pertempuran militer, karena bertempur sampai mati. Muay Korat adalah gaya tertentu Muay Boran yang dipraktekkan di jantung sekarang dari Muay Thai, wilayah utara-timur Thailand, Issan. Muay Korat penekanan ditempatkan pada kekuatan, dengan pemogokan Buffalo dikatakan begitu kuat sehingga bisa mengambil Buffalo dengan serangan tunggal.

Muay Boran akhirnya menjadi bagian dari masyarakat Siam dengan peristiwa yang dipentaskan di festival dan pertunjukan, sementara masih dipertahankan sebagai bentuk pertempuran militer.

Legenda mengatakan bahwa dalam bentuk bersejarah prajurit Thai tinju mengenakan rami tangan terikat dicelupkan ke dalam resin atau pati. Dalam pertempuran yang ekstrim tangannya tambahan tertutup pecahan kaca membuatnya menjadi perjuangan untuk kontes kematian, seperti yang terlihat dalam film kickboxer terkenal.

Raja Chulalongkorn (Rama V) menghidupkan kembali praktek Muay Thai di Siam dengan elevasi ke tahta pada tahun 1868. Seni itu berubah menjadi olahraga dengan partisipasi berlangsung untuk membantu dalam latihan fisik, bela diri, rekreasi dan kemajuan pribadi. Kamp pelatihan didirikan di seluruh negeri untuk memungkinkan praktek untuk dipertahankan dan dikembangkan. Kamp modern sangat sedikit membawa etika dan tradisi dari kamp-kamp asli. Sayangnya kamp modern telah didirikan di destinasi pariwisata yang pada dasarnya bertentangan dengan tujuan kamp-kamp pelatihan terpencil asli.

Muay Thai modern disebut sebagai 'The Art of Delapan Tungkai', dan telah dipengaruhi oleh tinju Barat modern dengan penerapan sarung tinju dan cincin persegi bertali yang memiliki asal-usul di barat tinju.

Suatu bagian penting dari tradisi tinju di Thailand yang masih berdiri saat ini dalam berlatih dari Kru Wai, tarian ritual pertarungan pra yang memberikan penghormatan kepada pelatih kombatan. Wai adalah istilah yang digunakan untuk menundukkan kepala dalam hormat dan berasal dari tradisi Buddhis, dan guru Kru makna. Muay Thai pelatih juga disebut sebagai Aa-Jarn, namun Kru lebih tepat.
0 Komentar untuk "Sejarah Seni Beladiri Muay Thai (Thai Boxing) "

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top