Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Panjang Duel El Clasico Barcelona Vs Real Madrid

Sejarah Panjang Duel El Clasico Barcelona Vs Real Madrid- Hay Sobat Kumpulan Sejarah yang saya cintai, kali ini saya akan menemani Sobat semua dengan informasi yang datang dari dunia Sepak Bola. Buat anda para 'GIBOL' (Penggila Bola) pasti sudah tidak asing lagi dengan duel yang disebut El Clasico. Ya, El Clasico merupakan kisah perseteruan yang tidak ada habis-habisnya antara 2 klub Sepak Bola Spanyol yang merupakan 2 kekuatan tim superior di dunia siapa lagi kalau bukan Barcelona dan Real Madrid. Nyatanya, perseteruan antara dua raksasa sepak bola Spanyol ini sudah berlangsung sejak berabad-abad yang lalu. Berikut ini informasi selengkapnya.
Sejarah Panjang Duel El Clasico Barcelona Vs Real Madrid
Latar Belakang Sejarah
Zaman dahulu Spanyol pernah dijajah oleh kaum Moor dari Afrika Utara.Daerah Kerajaan Aragon (Etnis Catalan)yang tak pernah merasakan penjajahan menjadi Kerajaan Kristen satu-satunya yang berada di Spanyol utara yang tak tersentuh oleh invansi bangsa Moor. Pada abad ke 14 Kerajaan Spanyol bersatu yang terbentuk setelah penguasa Kerajaan Aragon (Catalan) dan Castila (secara umum spanyol) yang akhirnya membentuk Kerajaan Spanyol Modern. Namun kehadiran catalonia seperti "anak haram" yang tidak diinginkan oleh Spanyol itu sendiri yang akhirnya menjadi duri dalam daging bagi kedua pihak yang bersangkutan. Pada perang saudara Spanyol tahun 1936 Fransisco Franco banyak membantai etnis catalonia yang membuat masalah pertikaian antara etnis ini semakin memanas.

Kebanggaan Kerajaan vs Kebanggan Si Anak Haram
Real Madrid yang notabenenya adalah klub yang mewakili kerajaan Spanyol dalam pentas liga Spanyol menjadi klub tersukses dalam sejarah liga negara tersebut. Namun dari belakang, Publik Catalonia juga memiliki kebanggan tersendiri yaitu FC Barcelona yang mewakili perjuangan rakyat catalonia melalui Sepak Bola. Intrik Politik, Ekonomi, Etnis, Budaya, Wilayah, serta keindahan sepak bola itu sendiri membuat el clasico menjadi salah satu seri sepak bola yang paling unik sepanjang masa yang akhirnya membuat setiap episode dari el clasico menjadi episode yang sangat dramatis dalam sejarah sepak bola dunia.

Arti Nama El Clasico
El Clasico adalah nama yang diberikan ketika mempertemukan dua klub raksasa Sepak Bola asal Spanyol antara Barcelona vs Real Madrid. Setiap tahunnya El Clasico dipastikan mempertemukan sebagai bagian dari kompetisi La Liga Spanyol, dengan maksimum sembilan pertandingan tahun, dengan dua tambahan di Copa del Rey, Liga Champions, dan Supercopa de Espana, dengan kemungkinan lain dalam Piala Super UEFA dan Liga Champions.

Madrid dan Barcelona merupakan dua klub Bola dan Entitas terbesar di negara Spanyol, jika kita membandingakan kotanya, kedua kota tersebut merupakan kota terbesar di Spanyol. Jika berbicara klub sepakbola, keduanya merupakan dua klub besar,paling sukses, paling kaya , dan juga memiliki basis fans yang paling banyak di negara Spanyol (belum termasuk fans dari luar negara Spanyol). Kedua stadion mereka ( stadion Santiago Bernabeu dan Nou Camp) sudah seperti rumah ibadah bagi kedua fans, yang dianggap sangat suci oleh fans Madrid dan Barca, dan haram hukumnya melihat kesebelasan kesayangan mereka kalah di kandangnya sendiri.

Rivalitas kedua klub ini awalnya bermula dari partai-partai politik yang menggunakan media sepakbola sebagai salah satu cara untuk meraih banyak massa, lalu berubah menjadi pertarungan budaya antar kaum Castille (kerajaan) yang diwakili oleh Real Madrid dan kaum cataluna yang diwakili oleh Barcelona. Dan di era modern sekaragn rivalitas ini berubah menjadi sebuah pertaruhan ideologi sepakbola masing-masing, kedua klub mengklaim bahwa mereka lebih baik dari rivalnya.

Sepanjang Sejarah El Clasico, Barca dan Madrid sudah bertemu 165 kali di La Liga, dan 221 kali di semua ajang. Si Putih kesayangan Kerajaan Spanyol secara overall masih unggul dalam rekorhead-to-head atas anak-anak Catalonia, daerah otonomi yang dulu tertindas semasa rezim Jenderal Franco dan dianggap pemberontak lantaran ingin memisahkan diri (bukan rahasia lagi bahwa rivalitas kewilayahan inilah yang memicu kebencian hebat di antara kedua kubu meski di era modern alasan tersebut tampak kurang valid lagi).

Berikut ini Head to Head Barcelona vs Real Madrid :
Real Madrid menang : 90
Seri : 55
Barcelona menang : 104

Gol Real Madrid : 404
Gol Barcelona : 432

Total pertandingan : 249
0 Komentar untuk "Sejarah Panjang Duel El Clasico Barcelona Vs Real Madrid"

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top