Dengan belajar sejarah kita akan mendapat dan mengambil sebagai pelajaran dari masa lalu . Oke selamat belajar

Sejarah Adanya Mesin Waktu

Sejarah Adanya Mesin Waktu- Sobat, bisa hidup berpindah-pindah zaman tentu akan menyenangkan. Bisa melihat sosok kita sewaktu masih kecil, atau bisa melihat kehidupan dinosaurus, atau bahkan bisa melihat kehidupan masa depan kita seperti apa. Ditelevisi kita sudah terbiasa memperlihatkan sang aktor berpindah-pindah zaman dengan menggunakan mesin waktu, namun namanya juga cuma film, hanya khayalan belaka.  Tapi ternyata istilah mesin waktu yang muncul ke televisi muncul karena adanya penelitian oleh para ilmuan-ilmuan sebelumhya. Lalu apakah mesin waktu itu benar-benar ada?

Perjalanan waktu biasanya selalalu dikait-kaitkan denga hal-hal gaib, mistik dan sihir. Namun ketika manusia sudah mengerti tentang teori relativitas umum yang dikemukakan oleh Albert Einsten pada 1915, kepercayaan ini pun mulai memudar. Para ilmuan kemudian melakukan penelitian untuk mencari tahu cara agar bisa masuk ke lorong waktu.


Sebenarnya kembali ke masa lalu pada prinsipnya adalah dengan masuk ke lorong waktu yang lebih lambat dari waktu yang lebih cepat.  Seorang ilmuan bernama Karl Schwartz pada tahun 1916 menduga bahwa Black Hole (Lubang Hitam) merupakan pintu gerbang mesin waktu. Lubang Hitam merupakan benda luar angkasa yang bermassa tinggi dan mempunyai gravitasi super tinggi. Bahkan, karena tingginya, benda yang tertarik tidak akan bisa lepas, termasuk cahaya.


Jhon Wheeler (1957) ikut mengumumkan teori time travelnya. Teori ini dinamakan teori Worm hole (lubang cacing). Worm hole merupakan penghubung antar black hole. Teorinya, setiap dunia punya black hole. Fungsinya untuk kembali atau pergi ke suatu masa. Tapi untuk menembus worm hole tidak semudah yang kita pikirkan. Menurut teori Enstein dan Rosen, untuk melewati ke ruang itu dibutuhkan kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya. Manusia yang melewatinya harus elastis dan tercabik-cabik karena tingginya gaya gravitasinya.

Kemudian pada 1988, Kip Thorne mengumumkan ide tentang mesin waktu. Bahan-bahan yang digunakan termasuk teori black hole dan energi negatif. Menurut Thorne, benda antigravitasi akan membuka pintu gerbang worm hole, hingga memungkinkan astronot atau siapapun masuk ke dalamnya. Menurutnya pilihan terbaik untuk antigravitasi adalah Casimir Effect. Karena masih berhubungan dengan teknik quantum, yaitu dua plat metal seukuran rambut, yang mampu mengeluarkan energi negatif.

Pada 1935, Enstein dan salah seorang temannya, Nathan Rosen membuat percobaan dengan potongan kecil dalam black hole yang akan berhubungan dengan potongan lainnya. Untuk menghubungkan bagian yang berbeda ruang waktu itu digunakan saluran sempit yang dikenal dengan The Enstein-Rosen Bridge (jembatan Enstein-Rosen). Saluran ini merupakan pintu gerbang jalan pintas untuk menembus ruang dan waktu yang berbeda.

Sampai sekarang, masih dicari seberapa cepat kecepatan yang dibutuhkan untuk masuk ke sana.
Ilmuwan mulai gencar mengembangkan teori pada 1991 ketika J. Richard Gott III mengembangkan teori Cosmic String atau cosmic yang tergantung di seutas tali (string).

Menurutnya, Cosmic String memungkinkan astronot menjelajah waktu tanpa harus kembali lewat jalur yang sama. Cosmic String dipercaya ilmuwan cosmologi sudah ada sebelum bumi terbentuk. Ukuran cosmic hampir sama dengan sebuah atom. Untuk dapat digunakan sebagai mesin waktu, dibutuhkan dua cosmic string dengan kecepatan yang menyamai cahaya.

Penjelasan mudah tentang teori di atas adalah sebagai berikut. Misalkan anda akan berpindah dari satu titik ke titik yang lain dengan jarak antara titik adalah 1 meter dan waktu normal yang dibutuhkan untuk bergerak tersebut selama 1 detik. Pada saat anda bergerak dari titik ke titik lain tersebut dengan lama 1s, anda melihat orang di sekitar anda masih berjalan dengan normal yang artinya anda masih bergantung terhadap waktu. 

Sekarang, bagaimana bila anda berpindah antar titik tersebut dengan kecepatan yang lebih cepat, misalkan 1millisecond. tentunya anda akan melihat bahwa orang yang ada di sekitar anda berjalan lebih lambat, artinya waktu berjalan lebih lambat dari waktu normal anda. Bagaiman bila waktu perpindahan pada titik tersebut lebih di percepat lagi. Tentunya sekitar anda akan jauh berjalan lebih lambat, dan bahkan air yang menetes pun terlihat lebih jelas. Dan bila di percepat lagi, akan tiba pada saat, dimana benda disekitar anda diam (tidak bergerak), dalam artian bahwa waktu telah berhenti.

Teori relativitas yang dijelaskan oleh Einstein menjelaskan bahwa kecepatan cahayalah yang menjadi kecepatan terakhir yang ada di alam ini. Artinya, pada saat seseorang bergerak dengan kecepatan cahaya, maka benda yang ada di sekitarnya akan bergerak diam, dan waktu juga akan berhenti. Dari penjelasan tersebut, bagaiman seandainya seseorang mampu bergerak lebih cepat atau jauh lebih cepat dari kecepatan cahaya. Apa yang akan terjadi dengan kecepatan tersebut?

Teori inilah yang menjadi dasar bagi sebagian ilmuan untuk membuktikan bahwa menjelajah waktu itu sangat mungkin untuk dilakukan. Hal ini bila manusia mampu menciptakan sebuah alat yang mampu bergerak melebihihi kecepatan cayaha.

Namun, meskipun nantinya kita berhasil menciptakan mesin waktu, keterbatasan energi yang akan digunakan untuk mengoprasikan mesin waktu masih menjadi kendala. Hingga saat ini kebutuhan akan energi untuk mengaktifkan mesin waktu masih belum terpecahkan.

Sobat, meski kebenaran Misteri adanya mesin waktu ini saat ini tidak diketahui, namun setidaknya tulisan ini membuka wawasan kita bahwa menjelajah waktu sangat mungkin dilakukan.

Referensi:
http://blackfiles.mywapblog.com/mesin-waktu.xhtml
http://adjiebrotot.co.cc/2010/08/misteri-keberadaan-mesin-waktu.html
0 Komentar untuk "Sejarah Adanya Mesin Waktu"

Jangan lupa tinggalkan comment yaa :)

Back To Top